Senin, 25 Juni 2012

Printer Canon Pixma IP1200, IP1300, IP1600, IP1700, IP1880, IP1980



INSTALASI DRIVER PRINTER

Cara Install Driver Printer Canon Pixma IP. Bagi anda yang masih bingung dengancara menginstall printer canon, jangan pernah takut untuk mencobanya. Walaupun anda belum pernah mencoba instalasi driver printer canon, yang penting anda memahami langkah-langkah menginstall driver printer tersebut. Printer canon memiliki berbagai tipe. Seperti : canon 2100 , ip 1300, ip 1700, ip 1800, ip 1980, ip 2770 ataupun tipe ip 4500. Setiap tipe printer canon tersebut memiliki jenis driver yang berbeda-beda satu sama lain.Fungsi Driver adalah untuk mengirim data dari komputer ke printer. Jadi tanpa driver, printer tersebut tidak akan berfungsi.Walaupun printer canon memiliki banyak tipe, namun pada dasarnya prinsip menginstall sebuah driver printer terutama printer canon adalah sama.
  1. Siapkan Driver printer canon yang akan di install
  2. Masukkan Cd Driver Printer ke dalam ROM drive komputer anda, maka komputer biasanya secara otomatis akan menjalankan CD driver.
  3. Tampilan layar dekstop pertama adalah Pemilihan kawasan ”Select Your Place of Residence”. Pilih Asia dan klik Next. Kemudian akan tampil pemilihan metode penginstallan.
  4. Klik ”Easy Install” terutama untuk pemula. Karena tanpa ada settingan lanjutan.
  5. Pada halaman konfirmasi. Klik “Install
  6. Akan Tampil tiga step penginstallan yaitu : License, Installation dan Setup. Klik ”Yes” dan tunggu sampai proses instalasi selesai
  7. Selesai
Kalau cara di atas adalah cara menginstall driver canon dari compact disk atau CD. Kalau kita menginstall canon dari hasil download di internet, caranya jauh lebih mudah dan cepat dengan cara manual.
How to Install Canon Printer Driver From Internet Download.
  1. Cari Driver Printer canon anda di internet kemudian download ,Bisa download lansung di http://www.canon.com ataupun dengan mencari kata kunci pencarian digoogle.co.id jika anda kurang paham yang berbahasa inggris. contoh caranya ketik” download driver printer canon ip pixma 1800” di kotak pencarian dan masuk situs tersebut dan download drivernya.
  2. Klik 2 kali hasil download Driver yang berformat .EXE
  3. Klik “Run” ketika Windows menanyakan apakah Anda ingin memulai program ini dan klik “Finish” jika sudah selesai.
  4. Sambungkan USB printer ke komputer dan hidupkan  Printer, maka Printerpun sudah siap dipakai


FUNGSI PERBAIKAN YANG TELAH TERSEDIA
  • Cleaning :Cleaning dimaksudkan untuk membersihkan plat semprot dengan cara men-"nyikat" plat semprot secara mekanis oleh karet bergerigi di dalam printer (umumnya ada di sebelah pojok kanan). Jadi hanya untuk menyapu kotoran yang terselip pada plat semprot saja.
  • Deep cleaning :Bedanya deep cleaning adalah 2 kali cleaning, yang berarti pula konsumsi tinta adalah 2 kalinya cleaning. Hati-hati jika menggunakan menu ini karena tanpa terasa tinta akan cepat habis.
  • Print head alignment :untuk mencari nozzle terbaik dari sebuah print head. Jika kita tidak melakukan ini biasanya saat kita mencetak garis akan terlihat patah-patah atau bengkok. Atau jika kita cetak foto, komposisi warnanya seperti bergeser.
  • Nozzle check :digunakan jika kita ingin mengetahui apakah nozzle print head sudah ada yang cacat apa belum. Jika menu tersebut kita eksekusi maka printer akan mencetak kotak-kotak pattern. Jika kotak-kotak tidak lengkap atau bengkok atau blok warna bergaris putih itu menandakan nozzle ada yang cacat.
  • Bottom plate cleaning :digunakan untuk membersihkan roller yang dilewati oleh kertas. Jika menu ini kita eksekusi maka harus ada kertas, karena printer akan membersihkan rooler dengan kertas tersebut.
  • Roller cleaning :digunakan untuk membersihkan roller yang dilewati oleh kertas. Jika menu ini kita eksekusi maka harus ada kertas, karena printer akan membersihkan rooler dengan kertas .

KODE BLINK ( KEDAP KEDIP OREN & HIJAU) & 

CARA MENGATASINYA


printer jenis pixma ini pengoprasiannya dibatasi hingga batas tertentu.

Sehingga jika sudah mencapai batas yang telah diakumulasikan ini printer akan berhenti mencetak dengan kata lainnya BLINGKING dan mau tidak mau anda harus membawanya keservice center untuk memperbaikinya!
Berikut beberapa kode blink pada printer pixma IP1200, IP1300, IP1600, IP1700, IP1880, IP1980 :


  • 7kali hijau-orange berkedip bergantian, atau 1x hijau, 1x orange,1x hijau, 1x orange, 1x hijau dst.

  1. Artinya: Waste Ink Pad Full / Ink Absorber Full.
  2. Solusi: Anda perlu membersihkan/mengganti busa penyerap tinta di bagian bawah printer. Kemudian Printer anda perlu direset dengan software khusus printer tersebut. (cara reset ada dibawah jadi baca terus yah, biar menambah wawasan)
  • 3x orange 1x hijau.
  1. Artinya: Ada kerusakan di mekanik printer dan ini juga dapat diartikan printer tidak dapat menarik kertas.
  2. Solusi:
    1. periksa dibawah penarik kertas apakah ada sisa kertas terjepit/karet/bilah korek api atau benda- benda kecil lunak atau keras, ini akan mengganggu kinerja printer (seperti pada gambar periksa lah di daerah sekitar situ), kalo disana sudah beres dibersihkan dan tidak menemukan ada sesuatu yang menghambat periksa kelistrikan pada dinamo printernya ada kasus dimana tali/kabel dinamo putus , dan terakhir periksa as penjepit kertas apakah patah, kalo patah gantilah dengan sekrup sesuai ukurannya atau langsung liat ke  
     http://16bae.blogspot.com/2011/04/printer-canon-tidak-mau-narik-kertas.html atau http://www.catatanteknisi.com/2011/09/printer-tidak-bisa-narik-kertas.html



  • 4x orange 1x hijau.
    Artinya: Printer absorber full (Waste Ink Pad Full).
    Solusi: Printer anda perlu di reset dengan software seperti di atas.
  • 5x orange 1x hijau
    Artinya: Cartridge warna/hitam rusak.
    Solusi: cek cartridge di printer bertipe sama yang lain, kemudian ganti cartridge warna/hitam yang rusak.
    NB: Kerusakan cartridge bisa disebabkan oleh banyak hal, antara lain : chip IC rusak, kotornya konektor, korslet karena tinta, dll.
  • 7x orange 1x hijau
    Artinya: Cartridge Warna rusak.
    Solusi: Ganti cartridge warna.
  • 8x orange 1x hijau: 
    Artinya: ink tank full.
    Solusi:Printer anda perlu di reset dengan software general tool resetter.
  • 14x/15x orange 1x hijau
    Artinya: Cartridge hitam rusak.
    Solusi: ganti Cartridge hitam, selesai.


  • CARA RESET 
    sebagai contoh saya mengambil satu jenis printer (pada prinsifnya semua cara meresetnya sama saja untuk jenins priter canon ini) Untuk melakukan Ink Full Tank Resetter pada IP 1980 biasanya lampu indikator pada power dan resume berkedip-kedip berulang kali bila itu terjadi lakukan langkah berikutnya :
    1. Hidupkan printer Canon iP1900
    2. Tekan dan tahan tombol Resume selama 2 menit.
    3. Lepaskan tombol Resume.
    4. Printer akan normal kembali.
    5. Apabila masih belum normal juga, lakukan langkah sebagai untuk reset manual dan Reset Sofware
    Langkah Reset Manual
    1. lepas semua kabel yang melekast pada printer (listrik+usb)
    2. Tekan dan tahan tombol power dengan jari telunjuk anda kemudian masukan kabel power
    3. Tombol power masih ditahan, kemudian pencet tombol resume sebanyak 2 (dua) kali.
    4. Lepas tombol power
    5. apabila printer masih  berkedip-kedip reset tidak dapat dilaksanakan priksa jumlah kedap-kedip yang terjadi (liat pada bagia kode blik diatas) atasi terlebih dulu.
    6. Printer sudah tidak berkedip-kedip berati Pada tahap ini anda sudah selesai melakukan langkah Reset Manual.
    7. untuk hal ini sifatnya tidak permanen printer harus dilakukan penyetingan begitu terus setiap pemakaian.
    8. Agar permanen silahkan gunakan Reset Sofware.
    Lakukan langkah nya sebagai berikut :
    1. buat lah printer dalam keadaan siap untuk di reset atau masa tunggu, ( a. lepas semua kabel yang melekat pada printer (listrik+usb). bTekan dan tahan tombol power dengan jari telunjuk anda kemudian masukan kabel power,c.Tombol power masih ditahan kemudian pencet tombol resume sebanyak 2 (dua) kali, d. Lepas tombol power) dengan catatan tidak terjadi kedap-kedip lagi akibat seperti pada point no 5 langkah manual.
    2. setelah berhasil pasang kabel usb dan konekan ke pc/laptop.
    3. Jalankan GeneralTool.exe GeneralTool iP"1900" atau yang lainnya sesuaikan dengan tipe printer anda software sangat ringan bisa dicari di om google, kalo sulit hubungin omteknologi lewat email cek di tab kontak.
    4. Pada USB Port pilih Port printer anda.
    5. Klik tombol Lock Release
    6. Pilih (centang) EEPROM CLEAR
    7. Sediakan kertas kosong untuk print. Lalu Klik tombol Test Pattern 1
    8. klik  main dan platen
    9. quite, matikan printer dan hidupkan kembali
    10. Selesai Printer IP1900 anda normal kembali.

    Tidak ada komentar:

    Poskan Komentar

    Jika ada yang kurang paham mengenai artikel ini, silahkan kirim komentar dan harus relevan dengan isi artikel di atas (cukup komentar 1 kali saja, komentar akan muncul setelah dimoderasi). INGAT jangan memberikan komentar dengan bumbu SPAM, P*RNO,PROMO,LINK !!!. Terima Kasih dan jangan lupa follow blog serta yang sangat penting diakhir komen doain saya yah "tetap sehat dan jadi orang kaya, amin"