Selasa, 26 Juni 2012

Cara Membuat Win Xp USB Flash Disk (FD)

USB flashdisk saat ini banyak dipakai sebagai pengganti cd/dvd atau media simpan lainnya karena gampang dibawa dan mudah digunakan. Apalagi harganya yang terjangkau, membuat flashdisk banyak digunakan untuk keperluan menyimpan data dan file. Bahkan USB flashdisk tidak hanya difungsikan sebagai media simpan file, sekarang flashdisk mulai banyak digunakan untuk install windows dan linux melalui flashdisk. Artinya untuk menginstall windows xp/vista atau windows7 tidak harus memakai cd/dvd windows tapi cukup dengan flashdisk bootable yang berisi file-file installasi windows. Untuk membuat flashdisk windows xp yang bootable tidak bisa dengan kopi paste isi cd windows lalu dimasukkan kedalam flashdisk, tetapi membutuhkan software khusus seperti Flashboot yang akan membuat USBflashdisc menjadi bootable sekaligus mengkopikan file installasi windows keadalam flashdisk. Saya contohkan disini adalah cara membuat windows xp usb dengan memakai flashdisk 1 gb, Sebelumnya siapkan dulu berikut ini:

  1. Siapkan 1 buah USB drive dengan kafasitas 1 – 2 GB
  2. Aplikasi untuk format FlashDisk dan silakan Download DISINI.
  3. Program untuk membuat autorun windows XP/Vista agar bisa boot dengan flashdisk yakni WinToFlash Download

CARA MENGGUNAKAN WIN TO FLASH

WinToFlash adalah sebuah perangkat lunak untuk transfer Windows XP, Windows 2003, Windows Vista, Windows 2008, Windows 7 setup Anda dari CD atau DVD ke USB dalam beberapa klik mouse. Kemudian Anda dapat menginstal Windows Anda dari USB pen, HDD, USB flash drive atau FlashDIsk dll untuk komputer atau netbook Anda.


WinToFlash terbaru 2011 dapat mentransfer live CD atau DVD ke kartu USB, misalnya, BartPE. Setelah semuanya selesai dipergunakan Anda dapat menghapus media Anda dan mem-format USB dengan Windows untuk penggunaan sehari-hari. WinToFlash mendukung untuk semua windows seperti Windows XP/2003/Vista/2008/7

Namun ada beberapa pertanyaan yang masuk melalui kotak komentar yang meminta lisensi untuk Novicorp WinToFlash padahal telah disertakan dalam setiap paket downloadnya.

1. Setelah anda download kemudian ektrak dengan WinRAR atau 7-Zip
2. Jalankan file WinToFlash dan akan terbuka window baru

3. Klik tombol Next


4. beri ceklis pada IAccept EULA kemudian klik Next lagi

5. Tekan tombol Activate lisence now


6. Pilih tombol Select selanjutnya cari lisensi wintoflash yg berada di folder License


7. Klik tombol Open 


8.Jika telah menemukan wintoflash key tekan tombol Open

9 . klik tombol Next

10. Next lagi

11. Selesai dan untuk melanjutkan membuat bootable USB Driver silahkan klik tombol next. 


12. pada screenshot dibawah ini setiap anda akan menggunakan aplikasi wintoflash ini anda cukup menekan tombol Ceklis Hijau


Jika ketiganya telah anda persiapkan, untuk langkah pertama silahkan anda format USB Drive / Flashdisk anda dengan aplikasi pada langkah No.2 setelah selesai pekerjaannya sekarang instal aplikasi WinToFlash sampai selesai.

Untuk windows file Path Anda harus mengklik tombol pilih lalu mencari file windows XP yang berada di CD ROM seperti screenshot ini.


Kemudian untuk pilihan USB Drive silahkan anda klik tombol pilih lalu cari Drive flasdisk berada.


Setelah keduanya anda pilih silahkan lanjutkan dengan menekan tombol berikutnya

Beri ceklis pada “Aku diterima syarat-syarat …..” lalu klik tombol Lanjutkan dan tunggu hingga selesai proses boot-nya. Setelah berhasil membuat Windows XP USB sekarang sudah siap digunakan untuk install windows lewat USB/FlashDisk.


Selamat Mencoba.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Jika ada yang kurang paham mengenai artikel ini, silahkan kirim komentar dan harus relevan dengan isi artikel di atas (cukup komentar 1 kali saja, komentar akan muncul setelah dimoderasi). INGAT jangan memberikan komentar dengan bumbu SPAM, P*RNO,PROMO,LINK !!!. Terima Kasih dan jangan lupa follow blog serta yang sangat penting diakhir komen doain saya yah "tetap sehat dan jadi orang kaya, amin"