Kamis, 12 Juli 2012

Cara Mengisi Ulang dan Mengatasi Masalah Setelah Pengisian Ulang

Postingan saya sebelumnya tentang restart priter yang bermasalah selanjutnya saya akan memberikan sedikit tips dalam pengisian tintah ulang.
Sebagian orang pernah menemui masalah ketika sedang mengisi ulang tinta printer, seperti kebocoran pada cartridge setelah anda mengisi ulang tinta printer atau malah tintanya macet (cartridge tidak keluar tinta)? Untuk mengatasinya ikutilah langkah-langkah berikut ini:

  1. Lepas cartridge dari printer, buka stiker pada bagian atas cartridge. Akan terlihat lubang pada cartridge printer tersebut (pada cartridge printer merk HP, lubang tersebut langsung terlihat setelah kita melepas stiker cartridge, tapi pada cartridge printer Canon, kita perlu melubangi cartridge tsb dgn jarum yang telah disediakan satu paket ketika kita membeli isi ulang tinta printer)
  2. Usahakan tidak melubangi atau memperbesar lubang udara pada cartridges tempat kita menyuntikan tinta, carilah jarum suntik yang berdiameter kecil agar bisa masuk melalui celah udara yang ada, kira-kira berdiameter 0,5 mm. 
  3. akan lebih baik kalo anda membuka tutup catridgenya dan apabila stelah selesai tinggal dilem (rekomendasi)  
  4. Isikan tinta pada cartridge sesuai warnanya (tinta hitam untuk cartridge hitam, tinta warna untuk cartridge warna. Hati-hati salah memasukan warna tinta pada cartridge). Isi tinta sebanyak yang anda mau (disarankan jgn terlalu penuh mengisi tintanya sampai meluber ke luar cartridge. Akan lebih baik isi cuma 5-10 cc tinta saja).
  5. Gunakan Tisue untuk menahan serta membuang kelebihan tinta (Over Load) di Lubang NOZZLE ketika melakukan penyuntikan, bila terjadi OVERLOAD biarkan tinta tersebut keluar dengan sendirinya melalui lubang NOZZLE jangan di lap dengan tisue, sebab bisa menimbulkan kemacetan pada lubang NOZZLE.
  6. Gunakan tisue basah untuk membersihkan cartridges, terutama dibagian NOZZLE nya agar tidak meleber, bila menggunakan tissue kering kemungkinan partikel tissue akan menutup lubang NOZZLE dan Catridges menjadi macet.
  7. Pasang Kembali Catridge ke Printer
  8. khusus untuk printer canon setip habis dilepas dan dipasang kembali harus menekan tombol resume 2-5 menit agar catridge terdeteksi kembali oleh printer
  9. Selesai

Jika terjadi kebocoran pada cartridge setelah isi ulang tinta:
  1. Setelah dibersihkan, tp ternyata timbul kebocoran pada bagian bawah cartrige, pukul-pukulkan (hentak-hentakkan) cartridge tsb ke lantai beberapa kali. Pukulkan/hentakkan cartridge tsb dgn kekuatan sedang (jgn terlalu lemah, jgn terlalu keras. Cara ini bertujuan untuk menghentikan kebocoran tinta.
  2. Jika belum berhasil, ulangi langkah (a) di atas beberapa kali.
  3. Setelah kebocoran pada bagian bawah cartridge berhenti, bersihkan sisa noda tinta yang menempel pada cartridge dengan tissue basah.
  4. Pasangkan kembali cartridge pada tempatnya di printer.
  5. Lakukan tes memprint sesuatu (misal dokumen word).
  6. Jika hasilnya printnya kurang bagus, lakukan proses Cleaning (program Cleaning merupakan program bawaan pada printer Anda. Anda bisa cari programnya di menu program printer anda).
  7. Selesai.

Jika terjadi tinta macet/tersumbat (cartridge tidak keluar tinta), caranya:
  1. Tiup lubang pengisian tinta (pada bagian atas cartridge) pada cartridge yang macet (tidak keluar tinta) tadi sampai bagian bawah cartridge-nya keluar tinta.
  2. Jika belum berhasil pada tiupan pertama, ulangi terus dengan memperbesar tenaga tiupan kita ke lubang cartridgenya.
  3. Jika setelah ditiup ternyata cardrige-nya jadi bocor, pukul-pukulkan (hentak-hentakkan) cartridge printer tsb ke lantai (seperti disebutkan di bagian atas).
  4. Bersihkan sisa noda tinta yang menempel pada cartridge dengan tissue basah.
  5. Pasangkan kembali cartridge pada tempatnya di printer.
  6. Lakukan tes memprint sesuatu (misal dokumen word).
  7. Jika hasilnya printnya kurang bagus, lakukan proses Cleaning (program Cleaning merupakan program bawaan pada printer Anda. Anda bisa cari programnya di menu program printer anda).
  8. apabila tidak berhasil, lepaslah catridge anda. setidakan tempat seukuran catridge anda, setelah itu isi tempat tersebut dengan air anget jangan terlalu banyak cukup untuk merendam bagian nozzelnya saja, biarkan catridge anda direndam 1-2 jam hal ini betujuan untuk mencairkan sisa-sisa tintah yang membeku, setelah selesai keringkan catridge anda lap dengan tisue dan lakukan pengisian ulang (hal ini sangat tidak direkomendasikan, namun sebagian org pernah melakukan dan berhasil)
  9. Pasang kembali catridge anda, Selesai.


Catatan:
  1. Jangan biarkan tinta pada cartridges Anda sampai habis total (Kering). Suntiklah cartridges tinta Anda sesegera mungkin sebelum habis total
  2. Kalau bisa jangan menghidupkan dan mematikan printer secara berulang-ulang, Bila printer sudah dihidupkan, biarkan saja dia hidup sampai anda tidak memerlukannya lagi. Perlu juga Anda ketahui bahwa setiap kali printer dihidupkan maka printer akan melakukan UNCLOG yaitu pembersihan lubang NOZZLE secara otomatis khususnya printer jenis INKJET, hal ini akan berakibat pada pemborosan tinta yang kita gunakan, cobalah anda bayangkan bila setiap kali UNCLOG printer menyerap tinta sebanyak 0,5 ml, maka dalam 60 kali UNCLOG proses tersebut telah membuang sekitar 30 ml tinta pada cartridges, ini sama saja dengan isi satu cartridges tersebut. 
  3. Belilah tinta suntik yang mempunyai daya serap yang sedang, hal ini dapat anda ketahui dengan meneteskan kira-kira 0,5 ml tinta tersebut pada kertas 80 gr tunggu kira-kira selama 30 detik, kemudian sentuhlah dengan jari tetesan tinta pada kertas tersebut. Bila tidak meleber atau pecah berarti tinta tersebut mempunyai daya serap yang tinggi, memang bagus akan tetapi bila kita menyuntikkan nya pada cartridges kemungkinan penyumbatan pada lubang NOZZLE juga tinggi. Yang terbaik menurut saya adalah daya serap tinta sebanyak 0,5 ml terhadap kertas 80 gr adalah sekitar 72 detik, dari mana saya mengetahui hal ini..? tentu saja melalui test terhadap beberapa merk tinta yang ada dipasaran, tidak percaya buktikan saja sendiri 
  4. Jika cara di atas tidak berhasil juga, kayaknya cartridge printer anda sebaiknya diganti dengan yang baru (^_^).

49 komentar:

  1. bila hanya tinta merah yang tdk kluar, wktu di buat ngeprint, tp bila di lap dngan tisu di headnya , kluar wrna merahnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. sorry lama bls, baru bisa lepas dari kesibukan... coba di bersihin sama cairan catridge trus di maintance dulu di hentak 1-3 kali yah mas bro, kalo masih itu kemungkina udh rusak

      Hapus
  2. mantap gan TIPS nya... :)

    http://lamabaca.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. trims gan, mohon maaf klo mao tukar link di laman tukar link aja gan.

      Hapus
  3. Balasan
    1. sama2 doakan saya "tetap sehat dan jadi orang kaya, amin"

      Hapus
  4. min, saya punya printer canon ip 2770, dah dipasang infus, setelah saya isi dengan tinta, hanya tinta hitam yg tidak keluar, saat saya lihat di permukaan cartridge, ternyata tintanya malah belepotan diatasnya, dan saat sy coba tes print, ga keluar sama sekali tintanya, sy harus gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. di tutup aja dulu tabung udaranya tintahnyanya itu kebanyakan yang masuk,biarin keringin aja dulu di lap pke bahan lembut, saran klo bisa printernya tiap hari dipergunakan 1 lembar aja, soalnya fungsi dari tintah infus untuk keperluaan dalam jumlah banyak/ diluar kperluan sehari-hari secara normal. trims

      Hapus
  5. Halo admin aku punya trobel sama printer Canon ix6560 sam laserjet 5200

    >Canon ix6560 Kalo pas habis tintanya trus diganti gitu kadang malah tidak keluar.., padal aku dah habisin stok tabung tinta nya untuk cobain satu-satu tapi nggak mau keluar. Tuh kenapa ya?? padal warna yang lain keluar.., apa karna tabung tinta nya udah sering di refil bikin jadi seperti itu atau gimana?? trus solusi nya apa?

    > Kalo Hp laserjet 5200
    Tuh kalo buat ngeprint A3 ujung nya hasil print nya kertas suka nglipat gitu.., padal gada yang nyangkut, dah aku cek ga ada kertas atau penghalang di roll nya, nah itu solusinya gimana??

    Sebelum nya saya ucapin terimakasih.
    Semoga blog nya makin oye rangking nya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba dicek tabungnya mas bro sp tau udh pecah atau ada selangnya yg udah macet jadi saluran udaranya sudah gak bagus, prinsipnya kan semuanya menggunakan tekanan udara biar tintahnya dapet keluar. klo Hp itu kemunkinan mainboardnya mas bro kalo sebelumnya udah benar-benar dibersihin coba di uninstal trus di instal ulang printer semi mesin xerox kan itu.. selamat mencoba mas bro, trimaksih semoga bermanfaat.

      Hapus
  6. min. bantuin aku yah
    gimana jika muncul kotak dialog spt no 8 yg plg atas
    trus kuabaikan
    ku lanjut memprint
    jadinya warna hitam tintany tidak terdeteksi.
    gmana cara memperbaikinya???

    BalasHapus
    Balasan
    1. sorry, baru santai dari kesibukan kerja.
      biasanya untuk printer jenis canon tidak dapat berfungsi dengan 1 catridge, klo sejenis Hp dapat berfungsi dengan 1 catridge.
      sebagaimana anda maksud diatas, dilepas lagi aja catridge nya nanti akan muncul lagi juga tab bar seperti gambar no 8 itu.
      selamat mencoba.
      di follow yh biar nambah informasi

      Hapus
  7. min mau tanya..
    printer aku canon MP258, setiap sudah ngisi tinta catrigenya tidak tedeteksi.
    tapi biasanya kalau di reset bisa digunakan kembali, tapi ini sudah di reset masih saja ngak bisa,,
    permasalahannya catridge warna dan hitamnya tidak dikenal.
    gimana itu min..? bantu kasih solusi donk..
    makasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. direset gimana maksudnya ini? dicek dulu setelah memasang kembali catridge diliat kedap-kedip tombolnya, apakah catridge telah rusak atau masih baik atau kah pemakaian telah melebihi ambang batas maka perlu dilakukan reset. selengkapnya liat
      http://omteknologi.blogspot.com/2012/06/printer-canon-pixma-ip1200-ip1300.html
      tapi apabila catridgenya tidak bermasalah, coba di off dlu printernya lepas semua kabel2 nya diamkan 10menit baru pasang kembali.
      selamat mencoba.
      semoga berhasil

      Hapus
  8. Halo ga, mau tanya, cara ngeluarin cartridge canon 12770 gmna y?
    biasanya khan klo dibuka penutupnya, cartridgenya geser ke tengah. klo ini g geser sama sekali, gimana carnya y? niatnya mau ganti cartridge nih.
    makasih gan sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba dilepas aja dlu kelistrikannya mas bro, diamkan 10menit baru pasang kembali dan coba dibuka, kalo masih tidak mao coba dicek pada penutupnya ada kaki2 panjang sapa tau ada yang patah sehingga tidak bisa menyentuh tombol untuk menjalankan catridgenya klo emang benar dipencet pake tangan aja tpi ditahan yah, klo bukan itu juga dicoba cara kekerasan tarik perlahan (tidak direkomendasikan, seandainya masih tidak bisa coba diinstal ulang deh apabila masih tidak ada perubahan kemungkinan mainboardnya sudah rusak. selamat mencoba.

      Hapus
  9. min, printer ane HP 1050 , ane mw nanya batas pengisian ulang dari cartridgeny itu berpa kali d suntik??

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1 garis / 1 ml aja udah cukup, kalo terlalu banyak ntar lumer kalonya lumer mao gak mao harus ngebersihin mata catridgenya dengan tisue lembut soalnya pasti gak iso ngeprint...
      smoga bermanfaat

      Hapus
    2. min, tdi saya udah ngisi tinta printer, py lampu indikator bahwa tinta abis masih nyala terus, itu gimn yah min?

      Hapus
  10. ooh jadi ngga boleh pake tissu kering yaa??saya kalo isi ulang cartridge dan luber, bawahnya saya lap pake tissu kering.. T.T
    berarti harus direndam pake air panas yaa??

    BalasHapus
  11. Min, printer sya canon MP280 series.. Tadi kan saya isi tinta terus, saya mau print tapi, kok tinta print warna hitam tidak terdeteksi terus katanya tintanya tidak terpasang, padahal saya sudah pasang baik2

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba direndam saja tombol yang kedap-kedipnya mba, biasanya memang ky gitu kalo catridge dilepas.. setelah berhasil didetek itam ntar yang wrna dia minta lagi.

      Hapus
  12. Halo mas,saya punya printer cannon iP2770,saya salah masukin tinta warna pada catrigdenya,trus saya coba print hasil printnya gak sama dengan warna yang mau saya print.gmana cara perbaikinya mas?trim's

    BalasHapus
    Balasan
    1. maksudnya ga sama gimana itu mas bro

      Hapus
    2. bersihin pake alkohol aja mata catridgenya mas.. batu di maintanace

      Hapus
  13. halo gan, saya punya printer iP2700 klo dibuat ngeprint yang keluar cuma warna biru doank gan
    cara betulinx gimana ya gan ? trims sebelumx

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba saja cara diatas gan, kalo masih tidak bisa liat mata catridgenya rusak ato ga, kalo rumah catridge yang rusak printer biasanya gak bisa gerak

      Hapus
  14. Min mo tanya dong u/tinta printer canon pixma ip1300 kisaran hrgny brp y? kan ad byk tuh truz cr isinya gmn...? thanks before

    BalasHapus
    Balasan
    1. gan saya ga tau harganya berapa soalnya ga jualan,, heheheheh.. coba cek di om google aja, trus cara ngisinya pilih saja cara di atas yang mana mudah anda lakukan sendiri, kalo ga pengen repot agk mahal langsung injek ditempat pengisian tintah ulang.

      Hapus
  15. bos q mo tanya punyaq printer MP280 series ne q dah isi ulang warna n hitamx tp yg wrna kuning tidak kluar jd wrnax g maksimal q coba d bersihkan tmpat katrijx dan stel prawatan pd menu utama tetep sj g bs kluwar tinta wrna kuningx mhon solusix bos

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemungkinan mata catridgenya udah rusak yang wara kuningnya, ganti asaja tidak ada solusi lain tpi sblum mmbeli coba dulu pake catridge pinjaman, siapa tau yang rusah adalah sel mainboardnya udh rugi kalo ternyta beli catridge ttp ga ada perubahan.. makasih, doakan saya "tetap sehat dan jadi orang kaya, amin"

      Hapus
  16. sangat menarik infonya..
    blog agan dah q follow di followback ya di http://pixmasoftware.blogspot.com/
    trims....

    BalasHapus
    Balasan
    1. meluncur gan... doain ane sehat dan jadi orang kaya, amin"

      Hapus
  17. halo min,,,,
    ane mau tanya ni,,
    printer ane setelah di isi ulang catrijnya,tapi lampu peringatan orangenya masih hidup aja,,,,itu kenapa yea gan,,,>??
    mhon solusinya,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. baca di postingan saya http://omteknologi.blogspot.com/2012/06/printer-canon-pixma-ip1200-ip1300.html , semoga bermanfaat gan. doain ane sehat dan jadi orang kaya, amin"

      Hapus
  18. Mohon triknya, bagaimana agar terdeteksi level tinta kartrid? canon pixma seri 2700 dan mx366

    BalasHapus
  19. gan
    mau nanya, saya baru nyuntik hp k110a tapi tintanya yg warna gak detek (level warnanya) dan kalau nge print juga gak mau, kosong gitu, gimana yah pengatasannya?

    BalasHapus
  20. trimakasih min, smua tipsx manjur bgt... TOP deh pkokx,
    Q praktekkan wktu tinta printerQ macet langsung tokcer...
    skali lagi makasih min,

    salam sukses

    BalasHapus
  21. min share dong, cara memasang catridge canon mp 230 yang udah di infus gmana sih min? soalnya pas mau di pasang lampu alarmnya kedip mulu pertanda catridge nya belum dipsang dngn benar.

    BalasHapus
  22. min saya pAke printer canon MP237 menggunakan infus,tinta hitamnya tidak terdeteksi, padahal sbelumnya normal, udah saya bongkar catrijnya dan saya rendam air panas, tpi tetep gak bisa, stelah sya perhatikan ternyata tinta hitam yg dari infus itu ngalirnya gak sampai ke catrij, udh sya tiup dan saya isepi tu selang, pas d pasang ke catrij,tintanya naik lagi (kembali tintanya ke tengah2 selang gak sampai ke catrij), tolong bantuannya min, saya udah bener2 bingung, yg perlu saya perbaiki atau saya ganti yg bagian mana gitu,,, thnks min sbelumnya..

    BalasHapus
  23. min saya pAke printer canon MP237 menggunakan infus,tinta hitamnya tidak terdeteksi, padahal sbelumnya normal, udah saya bongkar catrijnya dan saya rendam air panas, tpi tetep gak bisa, stelah sya perhatikan ternyata tinta hitam yg dari infus itu ngalirnya gak sampai ke catrij, udh sya tiup dan saya isepi tu selang, pas d pasang ke catrij,tintanya naik lagi (kembali tintanya ke tengah2 selang gak sampai ke catrij), tolong bantuannya min, saya udah bener2 bingung, yg perlu saya perbaiki atau saya ganti yg bagian mana gitu,,, thnks min sbelumnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba di vakum gan catridgenya tanya aja ditempat spesial prangkat printer biasanya ada jual paling mahal 100 rebo

      Hapus
  24. mas printer saya HP deskjet D1550. catridge tinta item abis, trus saya suntik pake dataprint (pertama kali). sudah saya lakukan sesuai langkah2 di dataprint. stelah disuntik catridge item msih aja terdeteksi low ink. tapi pas ngeprint tinta keluar. sampe akhirnya ada peringatan catridge abis, dan ga kedeteksi. saya isi lagi, tetep aja unavailable ink statusnya. itu gmn ya mas solve problemnya? thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. masalah sistem softwarenya aja begitu biasanya kalo seperti dicanon kalo catridgenya dilakukan restart pas dia kembali penuh kaya baru... saya kurang mengerti juga untuk permasalahan itu.

      Hapus
  25. bro ane punya printer hp d1000 ane salah masukin tinta merah ke kuning terus gimana tuh?

    BalasHapus
  26. mas admin aku ada printer canon pixma MP230,di dalam komputer terdeteksi catridge color nya kosong ,trus udah aq isi tetep terdeteksi kosong ,.dan lampu nya nyala trus ,.
    gy mana ya mas admin ,tolong bantuan nya yaw ,.
    terima kasih ....

    BalasHapus
  27. om minta bantuan nya ,
    prin saya canon mp320 titna nta yg item bergaris , terus salah 1 tinta warnanya ga mau kluar , udh saya coba deed cleaning berulang" tetap ga mau kluar tintanya ,
    gmna solusinya om

    BalasHapus
  28. hai gan mau tanya...
    cattridge hitam canon mg2720 punya saya tidak keluar warnanya pada saat diprint .
    dan lampu diprinter yang bagian black kedip2 mulu.
    mohon bantuannya.

    BalasHapus

Jika ada yang kurang paham mengenai artikel ini, silahkan kirim komentar dan harus relevan dengan isi artikel di atas (cukup komentar 1 kali saja, komentar akan muncul setelah dimoderasi). INGAT jangan memberikan komentar dengan bumbu SPAM, P*RNO,PROMO,LINK !!!. Terima Kasih dan jangan lupa follow blog serta yang sangat penting diakhir komen doain saya yah "tetap sehat dan jadi orang kaya, amin"