Senin, 18 Maret 2013

Cara Copy (burning) Lagu, Video dan File Data Ke CD/DVD

Banyak kasus dimana pemula dibidang komputer ketika Mencopy File Ke CD mereka hanya langsung Mencopy , namun sebenarnya cara itu salah , jika anda ingin mencopy atau memindahkan File dalam jenis apa pun biasa disebut dengan file burning (bakar file). Istilah untuk menyimpan file di CD biasanya disebut dengan burn file. bakar file (Burn file) dimaksud untuk membackup file dalam sebuah kepingan CD, menyimpan file di CD, Mengcopy file ke CD, Memindahkan File ke CD. File-file yang dapat disimpan di CD sama saja dengan file-file yang disimpan di harddisk maupun flash disk atau media penyimpanan lainnya, seperti file aplikasi, file gambar, file lagu mp3, file video dan berbagai format file lainnya dapat disimpan di dalam sebuah CD.
Syarat yang harus dipenuhi yaitu komputer yang digunakan untuk menyimpan file di CD harus memiliki perangkat yang disebut dengan CD/DVD-RW Drive. CD/DVD-RW Drive memiliki kemampuan untuk membaca dan menulis di piringan CD, berbeda dengan CD-ROM Drive yang mempunyai kemampuan sebatas membaca saja dan tidak dapat menulis di piringan CD.
Setelah syarat diatas terpenuhi Kali ini saya akan membagi trick atau cara memburning file data entah itu file lagu, video, ataupun file-file penting milik anda baik menggunkan software ataupun tidak :

1. Tanpa Software
Jika kita mengunakan windows vista, win 7, atau win 8 biasanya sudah dipermudah untuk burning file CD/DVD, yaitu dengan cara :
- Masukan CD/DVD ke drive CD/DVD RW, 
- Cari file yang akan anda burning 
- Kemudian klik kanan pada file, pilih send to kemudian cari DVD RW Drive 
- kemudian tunggu proses sampai selesai. 
cat: Burning file dengan bawaan OS presentase berhasil dalam burning file sangat rendah, karena saya sendiri juga pernah mengalami kegagalan dalam burning.
2. Software
Sebenarnya ada banyak aplikasi yang dapat digunakan untuk burning file ke CD/DVD diantaranya dapat mengunakan Nero, Power Iso, dll, kali ini saya hanya akan menjelaskan tentang menggunaka nero karena menurut saya software ini sangat mudah digunakan dan banyak dikenal serta memiliki persentasi keberhasilan yang tinggi.

Berikut adalah Cara Membakar File Kedalam CD/DVD Dengan Nero Startsmart :
 - Buka Nero Startsmart > lalu akan terbuka Seperti Dibawah ini

- Liat pilihan yang dilingkari pada gambar diatas, pilihan tersebut antara lain :
  • Data Burn : itu untuk membuat data-data artinya file yang telah kita bakar nanti hanya bisa dibuka dikomputer bukan seperti video.
  • Audio Burn : itu untuk membuat  file lagu atau Mp3.
  • Copy CD : ini untuk mencopy file dari CD/DVD ke CD/DVD kosong dengan hasil file yang sama dan format yang sama mis: ingin mengcopy film dari CD/DVD ke CD/DVD kosong.
- Setelah mengetahui kegunaan dari masing-masing pilih tersebut, sekarang sesuaikan dengan keperluan anda. Untuk langkah-langkah berikutnya semua pilihan sama seperti dibawah ini ( terkecuali copy CD)


- JIka sudah kita cari file yang akan kita burning, dengan cara klik tombol add -> kemudian cari file sesuai jenis pilihan yang kita pilih tadi untuk diburning . Untuk memilih semua file tekan Ctrl + A di keyboard.
- Ingat sesuaikan size file yang akan kita burning tidak boleh melebihi kapasitas CD/DVD yang akan kita gunakan
- Kalau sudah mantap, klik tombol Burn pada pojok kanan bawah
- Jika sudah tinggal menungu proses burning selesai.

Khusus untuk Copy CD :
-Anda tinggal Masukan CD/DVD yang ingin dicopy klik copy CD, biarkan proses berjalan sampai selesai dan CD/DVD terkeluar sendiri.
-Setelah terkeluar sendiri ganti terlebih dahulu CD/DVD yang dicopy tadi dengan CD/DVD kosong setelah itu masukan kembali dan biarkan proses sampai selesai.

27 komentar:

  1. klo slain dg nero cranya gmana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf baru balas, baru lepas dari kesibukan dunia nyata.... banyak ko software lain yang bisa dipakai cuman kebetulan yang sering saya pergunakan adalah nero, kalo mba menggunakan OS win 7 dengan rom DVDRW tidak perlu menggunakan software cukup masukan CD/DVD ke rom terus cari data/file yang di inginkan tinggal send to drive DVD.. tapi iya itu kekuranganya file yang tercopy bisa ada yang kurang

      Hapus
  2. klo di pc ku kok nga ada pilihan send to cd rw,,,,gmana dong mas bro

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf baru bls, yang bisa send to itu utk os win 7 mas bro klo xp ga bisa cek dlo pake xp atao won 7, seandainya sudah dicek liat romnya pake yg RW atao yang biasa.

      Hapus
  3. CD RW bisa memuat file hingga 5gb gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. liat kapasitasnya tulisan di cdnya gan.... kalo cd itu biasanya cuman sekitar 700mb kalo divdv biasanya cuman 4.7gb....trims

      Hapus
  4. Assalamu alaikumm....
    bro indra klw burning video dengan mp3 dalam 1 CD bisa tidak? dan apakah bisa terbaca, khususnya pada tape mobil


    terima kasih sebelumnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. wsss..........
      tergantung tapenya bro...
      sama aja kan kaya hp kita tinggal buat dalam mcc ntr auto search...
      bisa saja dimasukan jadi 1 tergantung media plyer kita..
      klo tidak mao ngambil resiko di bisah saja bro.
      trims.

      Hapus
  5. As.wb.wr......
    met pagi bro indra,....
    begini bro, dilaptop saya ada data video 'pernikahan' yang saya copy dari dvd aslinya.
    nah,yang menjadi masalahnya :
    @. data video tsbt saya copy dari laptop saya ke dvd/cd kosong....datanya sudah ada tertera didalam dvd/cd tsbt,tapi yang menjadi masalahnya kenapa dvd/cd yang saya copi tsbt tidak terbaca/diputar (play)didalam dvd yang biasa kita gunakan didalam rumah (yang biasa kita pakai untuk memutar lagu mp3/film).
    padahal kepingan dvd/cd tsbt mau saya bagikan/kirim kepada keluarga dikampung.
    mohon penjelasannya bro.
    makasih.
    as.wb.wr
    nb ; laptop saya merk. acer aspire 4752z.

    BalasHapus
  6. Was....
    Mungkin format file punya abang ga bias diplay Oleh media player, ato abang cuman ngambil data filenya aja ,kan kalo file udah jadi itu di dalam cd/dvd dia udah autoplay itu yg bikin bisa kebuka langsung klo dimasukan ke dalam media player.. saran saya lebih baik langsung copy CD/dvd pake Nero, masukin CD/DVD master punya abang ITU beli yg jenis sama dgn masternya contoh: masterny CD brrti blankny harus CD juga, klo DVD harus DVD jg . Diatas ITU ada contoh copy CD/DVD tgl abang ikutin saja.. Dengan copi gtu CD/DVD yg dicopi akan sama dgn masternya, tinggl abang copies perluny brp banyak.. saran lagi jgn trllu serving mnggunakan ROM ntr optikny lemah... makasih

    BalasHapus
  7. serial number nero7 ada yg tau berapa??

    BalasHapus
  8. kalo buat mobil gimana ya???
    tulisan nya di mobil ''eror''
    tolong bantuan nya mas...

    terimakasih....

    BalasHapus
    Balasan
    1. langsung pilih yang tipe audio burning aja gan, kalo yg file biasa mungkin ga iso... selamat mencoba

      Hapus
  9. bang..
    aku mau burning file ISO ke dvd r..,tapi pas di masukin, dvdnya gk kebaca (medium not present), padahal masih baru...
    knapa yah..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf gan baru bales...
      coba cek software burningnya kalo gpp berarti kerusakan pada perangkat hardware agan (kaset vdv/dvd roomnya)

      Hapus
  10. thanks buat informasi dan tutor nya bang indra,, salam kenal dari saya
    tolong kunjungi blog saya ya bang :)
    www.rnyinside.blogpsot.com
    jangan lupa join ya bang (y)

    BalasHapus
    Balasan
    1. siap bang, sorry lama baru lepas dari kesibukan dunia nyata.. meluncur

      Hapus
  11. Saya Sudah Burning Tanpa Software seperti yg dijelaskan di atas.Tapi Kok Jika Diputar Malah Muncul "Disc Error" Atau "Loading" Terus. Mohon Penjelasannya Terima Kasih...

    BalasHapus
  12. Maaf gan,
    mau nanya saya sdh copy dengan nero CD RW, tapi mau diputur di CD player tidak bisa (no disk)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba pke cd-r biasa bro, trus apkh rom nya msh berjlan dgn baik krena klo lensanya lemah pasti hasilnya ga smpurna, smoga brmanfaat

      Hapus
  13. maksutnya CD kosong itu gmna ya -_- tadi ane baru beli DVD-R+ dan mau tak isi file ukuran 4,2 gb , kok tak burn keluar terus di tutornya suruh ganti CD/DVD ksong gan gmna tu maksutnya CD/DVD kosong

    BalasHapus
    Balasan
    1. Balikin aja ktokonya bilang aja rusak/udh keisi klonya mas ykin ga lakuin ksalahan pd saat proses burn, biasa aja sy juga sering dpt kepingan cacat gtu barang harga 2000-4000/keping jd rentan bgitu, smoga bermanfaat.. Goodluck

      Hapus
  14. Siip,mantap mas indra,....boleh deh kita coba.thanks...

    BalasHapus
  15. Ok sip mas pon, smoga bermanfaat, slm kenal, sukses.

    BalasHapus
  16. Sip mas pon, smoga bermanfaat, slm kenal, sukses sllu.

    BalasHapus

Jika ada yang kurang paham mengenai artikel ini, silahkan kirim komentar dan harus relevan dengan isi artikel di atas (cukup komentar 1 kali saja, komentar akan muncul setelah dimoderasi). INGAT jangan memberikan komentar dengan bumbu SPAM, P*RNO,PROMO,LINK !!!. Terima Kasih dan jangan lupa follow blog serta yang sangat penting diakhir komen doain saya yah "tetap sehat dan jadi orang kaya, amin"