Rabu, 06 Maret 2013

Memilih PowerBank

Sangat sering kita dengarkan kata Power bank atau charger portable, pada dasarnya, power bank adalah sebuah alat untuk menyimpan energi. Banyak juga yang menyebut power bank sebagai portable charger, yakni alat untuk mengisi ulang gadget (iPad/iPhone/iPod, camera, blackberry, mobile, Phone, MP4, psp, gps, dll) ketika kita sedang bepergian. 

Adapun ukurannya mulai dari kapasitas 1600mAh, 1800mAh, 2600mAh, 3000mAh, 5200mAh, 5600mAh, 5800mAh, 6000mAh, 8000mAh, hingga 9000mAh dan banyak perusahaan yang menciptakannya dengan berbagai merk. Sebagai contoh maksud dari berbagai ukuran tersebut, dengan power bank berkapasitas 3000 mAh, kita bisa charger handphone yang memiliki kapasitas baterai 1500 mAh hingga 2x charger penuh.

Beberapa jenis CELL battery power bank yang digunakan hal ini juga mempengaruhi harga powerbank:


NiMH / Metal.

NiMH adalah generasi baru dari rechargeable battery, keuntungannya dibanding battery NiCD adalah beratnya yanglebih ringan serta memory effect yang bersifat temporary, tetapi memory effect ini bisa menjadi permanen bilamana penge-charge-an yang dilakukan tidak benar. Selain ukuran dan berat NiMH yang lebih ringan, juga battery NiMH lebih ramah terhadap lingkungan, tetapi walau begitu battery NiMH tidak bisa dibuang di sampah begitu saja, karena ada pross khusus untuk me-recycle battery jenis ini.


Li-Ion / Lithium Ion
Battery ini adalah battery generasi ke 3 dari rechargeable battery, dan keuntungannya terhadap battery NiMH, adalah berat dan ukurannya yang ringan. 
Keunggulan battery ini adalah tidak adanya memory effect pada saat charging sehingga tidak perlu menunggu battery ini habis baru melakukan charge, namun demikian ada pula beberapa perawatan yang perlu dilakukan pada battery ini. Untuk battery baru, charge battery anda sesuai dengan petunjuk atau sampai lampu/indikator menandakan battery full, setelah itu segera lepas charger anda, demikian juga untuk selanjutnya anda tidak perlu melakukan over charge untuk mendapatkan trickle charge seperti pada battery NiMH, karena pada battery Lithium tidak ada istilah trickle charge, bahkan overcharge battery lithium ion bisa menurunkan kemampuannya
.
Walaupun tidak ada memory effect pada battery jenis ini, anda sebaiknya melakukan charging pada saat battery ini sudah habis atau indikator sudah menunjukkan "battery low", ini dikarenakan battery Lithium Ion memiliki "life cycle" (umur charging) yang lebih sedikit dari battery jenis NiMH, dan tiap kali anda melakukan charging dihitung sebagai 1 kali tidak peduli anda melakukan charge sampai penuh atau tidak.

Li-Poly / Lithium Polymer
Ini adalah generasi terbaru dari rechareable battery, keunggulannya adalah ramah terhadap lingkungan, sedang kemampuan lainnya sama persis dengan battery LIthium Ion. Untuk perawatan battery Lithium Polymer ini sama persis dengan battery Lithium Ion, hanya saja "handling" battery Li-Poly harus sedikit hati-hati mengingat sifatnya yang liquid sehingga bisa mengakibatkan bentuk battery bisa berubah karena tekanan.

Hal cukup penting yang perlu diperhatikan namun banyak dari kita yang mengabaikannya karena tergiur kapasitas yg besar dan banyaknya konektor yg ditawarkan, yaitu mengenai arus outputnya tidak real (merek yg banyak dipakai belum tentu menjamin output yg real), sehingga charging gadget menjadi lama atau apabila output lebih terlalu besar dapat membuat gadget cepat panas bahkan merusak PcB. sebagai contoh: gadget yang memerlukan input 5volt tapi mendapat input 4 volt dari power bank maka charging akan menjadi lama dan apabila mendapat input lebih dari 5volt maka berhati-hatilah gadget akan cepat panas bahkan dapat membuat gadget anda rusak.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Jika ada yang kurang paham mengenai artikel ini, silahkan kirim komentar dan harus relevan dengan isi artikel di atas (cukup komentar 1 kali saja, komentar akan muncul setelah dimoderasi). INGAT jangan memberikan komentar dengan bumbu SPAM, P*RNO,PROMO,LINK !!!. Terima Kasih dan jangan lupa follow blog serta yang sangat penting diakhir komen doain saya yah "tetap sehat dan jadi orang kaya, amin"