Senin, 16 Juli 2012

Cara Menghemat Baterai Laptop/Notebook/Netbook

Pertanyaan semacam ini setidaknya pernah kita jumpai, kalau sedang memakai Notebook dengan kondisi baterai dan adaptor terpasang, “sebaiknya dilepas atau dipasang baterai notebook nya?” Pertanyaan ini sering saya jumpai, bahkan sering, terutama bagi yang sedang memiliki laptop baru, dengan alasan untuk menghemat baterai Laptop/Notebook/Netbook.
Lalu bagaimana jawaban pertanyaan diatas? ada beberapa cara dibawah ini 

Cara Manual Efek:
Sepertinya Anda tidak perlu takut baterai notebook Anda akan rusak karena adaptor terus menerus terpasang. Adaptor yang diberikan pada paket penjualan akan memutuskan arus listrik bila baterai telah penuh. Jadi, Anda tidak perlu takut baterai akan over-charge. 
  1. ketika sedang dalam proses charging, jangan bebani baterai notebook Anda dengan pekerjaan yang berat, misal menyetel film, rendering video, main game, dll.
  2. Anda biasakan dua atau tiga hari sekali menghabiskan daya baterai notebook dengan cara menggunakan daya baterai saja saat digunakan dan bila warning low baterai muncul, Anda tinggal memasang adaptor kembali. Selain itu menggunakan baterai notebook hanya hingga tersisa 20% atau 30% dari kapasitas baterai sebelum melakukan recharging, dapat meningkatkan umur baterai notebook tersebut. Kemudian untuk menghindari pembacaan yang salah, lakukan full charge-discharge setiap 30 proses charging baterai notebook.
Satu hal yang perlu diingat, secanggih apapun ciptaan didunia ini tak ada yang abadi (ceileehh hehe…), baterai juga mempunyai masa pakai, sehingga akan terjadi penurunan daya baterai notebook sedikit demi sedikit seiring dengan berjalannya waktu. Tapi setidaknya dengan tips diatas kita masih bisa menghemat daya baterai agar tidak cepat soak. 

Cara Menghemat Baterai Laptop Dengan Aplikasi Granola
Aplikasi untuk menghemat baterai laptop dan mengurangi konsumsi energi listrik pada PC. Cara menghemat baterai laptop dengan menggunakan aplikasi Granola. Granola adalah power management software yang dapat mengurangi konsumsi energi dari laptop dan PC hingga 35%. Sebetulnya banyak sekali aplikasi penghemat daya untuk laptop dan PC yang telah beredar. Namun kebanyakan dari software tersebut membuat komputer jadi lambat dan performanya mengalami penurunan. Tapi berbeda dengan Granola yang memiliki kemampuan untuk menghemat konsumsi listrik yang fleksibel sehingga penghematan energi yang dilakukan tidak berdampak buruk terhadap performa komputer. Granola melakukan metode penghematan yang disesuaikan dengan kondisi PC anda.
granola
Dengan memakai aplikasi Granola, maka anda bisa menekan penggunaan energi PC/laptop anda, menjaga keawetan baterai laptop anda, menghemat pengeluaran biaya tagihan listrik bulanan anda, dan tentu saja menjaga kelestarian lingkungan.

Keuntungan menggunakan Granola :
Menghemat 205.6 Kwh per tahun.
Menghemat biaya hingga 24.67 USD per tahun.
Menghemat 127 kg CO2 per tahun.
Menghemat 39.5% energi CPU.


Langkah-langkah menggunakan Granola :
Buka http://grano.la
Daftar dengan Create New Account.
Download softwarenya dan install.
Buka aplikasi Granola dan akan muncul penampakan seperti ini.
granola

Cara Menghemat Baterai dengan Tweak Window (perangkat bawaan window)

Pilih Skema DayaPemilihan skema daya sangat penting karena membantu anda untuk memilih daya untuk menghemat penggunaan baterai laptop anda. Power Plan adalah sekumpulan setting hardware dan system yang mengendalikan pengelolaan daya listrik di laptop.

  • Buka Control Panel – Power Option
  • Pilih opsi Power Option – Change plan settings
  • Dibagian On Battery, pilih setingan sesuai kebutuhan anda – klik Save Changes
Tentu ada harga yang harus dibayar apabila kita menggunakan opsi power saver. Peforma dan brightness pada laptop akan menurun, bila anda tidak suka bisa anda pilih opsi High Performance.

Kurangi Efek Visual
Efek visual tentu memberikan tampilan yang lebih bagus karena bisa berupa animasi, shadows dan efek-efek yang lain. Namun, efek visual juga berperan dalam menghabiskan daya listrik laptop kita.
  • Buka Control Panel – System
  • Dikolom sebelah kiri, klik Advanced system settings
  • Pilih tab Advanced dan klik Settings
  • Pilih opsi Custom, dan beri centang pada pilihan 2 opsi terakhir

Matikan Desktop Gadget

Caranya :
  • Klik kanan pada gadget yang ingin dimatikan, dan pilih Close Gadget
  • Atau bila ingin di uninstall, klik kanan Desktop – Gadgets
  • Dijendela yang muncul, pilih salah satu gadget lalu klik kanan pilih Uninstall
Matikan Startup yang Tidak Perlu
Intinya, semakin banyak aplikasi yang dijalankan saat Startup maka semakin besar pula harddisk dan perangkat lain untuk bekerja. Oleh sebab itu, akan menghabiskan daya baterai.
  • Buka kotak Run – msconfig
  • Buka tab Startup – beri centang pada aplikasi yang tidak penting saat startup. Bila sudah, klik Apply – OK
Mode Hibernate Lebih Baik daripada Sleep
Kenapa Hibernate lebih baik ketimbang Sleep (Stand by)? Karena pada mode Sleep, laptop akan mematikan harddisk dan display tetapi memory masih aktif meskipun prosesor dalam keadaan hampir mati. Di Hibernate, semua aplikasi yang sedang aktif saat itu akan disimpan pada harddisk dan setelah itu laptop akan dimatikan secara total. Jadinya, Hibernate lebih hemat dari pada Sleep. Fitur Hibernate sebenarnya ada secara default, namun bila tidak ada anda bisa mengaktifkannya.

  • Buka command prompt (Run – ketik cmd) dan ketikan perintah powercfg /hibernate on
  • Jika opsi hibernate masih belum aktif juga pada start menu, mungkin fitur Hybrid Sleep masih aktif. Buka Control Panel – Power Options
  • Klik Change plan settings pada power plan yang sekarang anda gunakan
  • Klik Change advanced power settings
  • Cari item yang bernama Power Hybrid Sleep dan ubah menjadi Off
  • Sekarang fitur Hibernate sudah muncul di start menu
  • Sedikit informasi tambahan, fitur Hibernate tidak akan muncul pada laptop yang memiliki RAM 4 GB atau lebih 


Kalibrasi Baterai 
Berikut ini adalah cara merawat baterai laptop dengan benat dan juga cara melakukan kalibrasi baterai laptop agar awet.
  • Jangan charge hingga kepenuhan saat laptop mati Melakukan charge kepenuhan terbukti menyebabkan lama daya tahan baterai berkurang. Secara teknis emang ana tidak tahu tapi udah saya buktikan dan teman ana pun juga membuktikan. Terutama kebiasaan mencharge laptop kemudian ditinggal tidur dan pagi2 setelah kita bangun led baterai laptop udah pertanda penuh.
  • Jangan lepas baterai ketika laptop dihidupkan (mode AC)
  1. Mode AC tanpa baterai memungkinkan terjadi kerusakan pada motherboard akibat listrik tidak stabil / listrik mati mendadak, dan jika motherboard rusak sama aja dengan kerusakan pada laptop keseluruhan. Tapi memang menghemat baterai (namax juga gak dipakai, ya pasti awet tu baterai)
  2. Mode AC dengan baterai memungkinkan terjadi penurunan kualitas baterai tapi sangat aman bagi kesehatan  laptop jika terjadi listrik mati mendadak. jadi saya sarankan agar tidak melepas baterai saat menggunakan laptop PILIH MANA (MOTHERBOARD RUSAK ATAU BATERAI RUSAK)

  • Lepas baterai laptop jika laptop tidak digunakan dalam jangka waktu lama (> 24 jam)
  • Lakukan kalibrasi baterai setiap 30 kali charge (default) Kalibrasi digunakan agar kalkulasi baterai tetap akurat. Berikut caranya:
  1. Charge laptop sampai penuh (100%) dan biarkan kabel charge tertancap selama 2 jam sembari digunakan laptop buat aktifitas
  2. Aktifkan system hibernate
  3. Setting agar system hibernate dijalakan otomatis jika baterai laptop udah habis (critical battery)
  4. Gunakan laptop degan aktifitas2 anda dan tunggu sampai baterai habis dan system hibernate dilakukan
  5. Selama hibernate, diamkan laptop selama +- 8 jam dengan kondisi baterai tetap tertancap
  6. Setelah 8 jam, charge laptop selama sampai penuh namun laptop dalam kondisi masih hibernate (belum dihidupkan)
Gunakan software battery care agar tidak perlu repot2 menghitung berapa kali kita men-charge baterai laptop. Karena software ini akan mencatatnya hingga looping ke berapa kita mencharge baterai laptop.

4 komentar:

  1. Musiknya oke banget dah =D wkakaka aku suka judulnya apa ya?? Hemm ngingetin dgn masa-masa kecil dulu =D Aku sudah berkunjung dan liat "Cara menghemat baterai laptop hehehe, berkunjung kembali yaaa =))

    BalasHapus
    Balasan
    1. siap bang, klao kd salah lagunya kenny G.. difollow yaw

      Hapus
  2. Makasih banged om atas pembertiahuan softwarenya karna saya memang butuh aplikasi ini, saya sudah Follow,

    Follbacknya ya :D

    BalasHapus
  3. sama-sama om, semoga bermanfaat

    BalasHapus

Jika ada yang kurang paham mengenai artikel ini, silahkan kirim komentar dan harus relevan dengan isi artikel di atas (cukup komentar 1 kali saja, komentar akan muncul setelah dimoderasi). INGAT jangan memberikan komentar dengan bumbu SPAM, P*RNO,PROMO,LINK !!!. Terima Kasih dan jangan lupa follow blog serta yang sangat penting diakhir komen doain saya yah "tetap sehat dan jadi orang kaya, amin"